Mengenal Internet Satelit

Broadband satelit telah lama tertinggal dari rekan broadband lainnya, dengan kecepatannya yang lebih lambat, latensi yang lebih tinggi dan kadang-kadang, biaya yang lebih curam. Bagi jutaan orang yang tinggal di pedesaan, internet satelit adalah satu-satunya jenis internet berkecepatan tinggi yang tersedia. Meskipun ada kelemahan yang melekat, itu merupakan peningkatan besar atas koneksi dial-up konvensional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, teknologi satelit baru dan layanan yang lebih bersaing telah menghasilkan internet satelit yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan. Bahkan, banyak penyedia sekarang menawarkan paket layanan dengan kecepatan yang bersaing dengan yang ditawarkan melalui kabel dan DSL. Hal ini tentu menarik banyak orang pedesaan untuk menggunanakan layanan internet jenis ini. Jika internet satelit adalah satu-satunya pilihan Anda untuk internet berkecepatan tinggi, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang cara kerjanya.

Apa yang saya butuhkan?
Peralatan internet satelit terdiri dari tiga komponen utama: satelit geostasioner di ruang angkasa, antena parabola yang dipasang di rumah Anda dan modem yang mentransmisikan sinyal internet dari antena parabola ke komputer Anda. Anda memperoleh internet satelit melalui penyedia broadband satelit. Hanya ada beberapa penyedia ini di pasar, dan mereka berbeda dalam hal harga, kecepatan koneksi dan paket layanan yang mereka tawarkan. Ketika Anda mendaftar untuk layanan, Anda akan menerima parabola dan modem yang diperlukan.
Beberapa layanan menutupi biaya peralatan ini dan pemasangannya oleh profesional layanan ketika Anda mendaftar untuk kontrak dua tahun, sementara yang lain membebankan biaya aktivasi dan pemasangan tambahan. Selain peralatan yang diperlukan, Anda harus memiliki pandangan yang jelas ke langit selatan.
Ini karena parabola membutuhkan garis pandang yang jelas ke satelit geostasioner. Dalam kondisi yang jarang terjadi, cuaca ekstrem dapat memengaruhi sinyal Anda. Ini mungkin bukan koneksi internet tercepat di dunia, tetapi dengan kecepatan kira-kira sepuluh kali lebih cepat daripada dial-up, internet satelit menghubungkan bagian paling pedesaan di negara itu ke World Wide Web.