Ini Tips Berkomunikasi Dengan Orang Yang Memiliki Keterbatasan Pada Penglihatan

Keterbatasan atau disabilitas tentu memiliki banyak jenis. Ada banyak orang yang mengalami disabilitas pada fisik mereka namun memiliki banyak kemampuan di bidang akademik atau pekerjaan mereka. disabilitas yang dialami seseorang biasanya da dua jenis, yaitu disabilitas fisik dan disabilitas non-fisik. Untuk anda yang memiliki penyandang disabilitas di sekitar anda, anda harus mengetahui bagaimana berinteraksi dengan para kunjungi tautan ini tersebut.

Salah satu keterbatasan fisik yang paling bisa dilihat adalah keterbatasan pada penglihatan atau buta. Ada beberapa orang yang mengalami kebutaan sejak lahir, namun beberapa orang mengalami kebutuaan karena sebuah indisen kecelakaan atau insiden lainnya. Jika anda bertemu dengan seseorang yang memiliki keterbatasan pada penglihatan, maka anda harus melakukan beberapa tips ini untuk berkomunikasi dengan mereka.

1. Identifikasi diri Anda – jangan menganggap orang itu akan mengenali Anda dengan suara Anda
Karena mereka memiliki keterbatasan pada penglihatan mereka, maka anda harus mengenalkan diri anda kepada mereka terlebih dahulu. Anda bisa menyebutkan nama anda atau ceritakan pengalaman yang anda alami bersama orang tersebut. Dengan begitu, mereka bisa mengenali siapa anda.

2. Berbicaralah secara alami dan jelas. Kehilangan penglihatan tidak berarti kehilangan pendengaran
Berbicaralah seakan anda berbicara dengan orang normal lainnya. Mereka yang mengalami kebutuaan tidak mengalami masalah pada pendengaran mereka. Jadi, berbicaralah dengan alami seolah anda sedang bercerita dengan orang normal lainnya.

3. Gunakan bahasa sehari-hari. Jangan menghindari kata-kata seperti “melihat” atau “melihat” atau berbicara tentang kegiatan sehari-hari seperti menonton TV atau video
Jika anda melakukan hal ini, maka mereka akan merasa bahwa anda tidak membedakan mereka dengan orang lain. Mereka juga ingin diperlakukan seperti orang lain. Jadi, gunakanlah bahasa sehari-hari yang biasa anda gunakan kepada orang lain. Ini akan membuat mereka merasa berarti.

4. Terus menggunakan bahasa tubuh. Ini akan memengaruhi nada suara Anda dan memberikan banyak informasi tambahan kepada orang yang memiliki gangguan penglihatan
Mereka bisa mendengar intonasi dan nada suara anda. Jadi, jangan menghindari bahasa tubuh ketika berbicara dengan mereka.